Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kota Surakarta dalam Era Industri 4.0

Authors

  • Nirwan Pambudi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Surakarta
  • Siti Nur Rohmah Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Ali Akbarsyah Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Arseto Endro Supriyanto Program Studi Hukum Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.58684/jbs.v3i2.80

Keywords:

Pengembangan SDM, Kota Surakarta, Industri 4.0, literasi digital, pelatihan berbasis teknologi

Abstract

Era Industri 4.0 telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM). Kota Surakarta sebagai salah satu kota besar di Indonesia juga tidak luput dari dampak perkembangan revolusi industri ini. Pengembangan SDM yang adaptif terhadap perubahan teknologi, otomatisasi, dan digitalisasi menjadi salah satu tantangan utama bagi pemerintah dan masyarakat Surakarta dalam menghadapi era ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan SDM di Kota Surakarta dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh Industri 4.0 melalui metode studi pustaka.

Dalam era Industri 4.0, digitalisasi dan otomatisasi menjadi tulang punggung perkembangan industri, di mana keterampilan yang relevan dengan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), big data, dan automasi menjadi sangat penting. Kota Surakarta, dengan segala potensi dan keterbatasannya, perlu mempersiapkan SDM yang kompeten dan mampu beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Berdasarkan kajian literatur, pengembangan SDM dalam era ini menuntut peningkatan keterampilan teknis serta soft skills yang mencakup kemampuan berpikir kritis, inovasi, dan kolaborasi. Di Kota Surakarta, upaya untuk meningkatkan kapasitas SDM telah dilakukan melalui berbagai program pemerintah yang berfokus pada peningkatan keterampilan berbasis teknologi dan inovasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam pengembangan SDM di Surakarta adalah keterbatasan akses terhadap teknologi mutakhir, minimnya program pelatihan yang berorientasi pada Industri 4.0, dan masih rendahnya literasi digital di kalangan masyarakat umum. Pemerintah Kota Surakarta telah mencoba mengatasi hal ini melalui berbagai kebijakan, seperti pengembangan pusat-pusat pelatihan teknologi, program pendidikan vokasi, dan kerja sama dengan sektor swasta dalam penyediaan pelatihan yang lebih terfokus pada pengembangan keterampilan teknologi. Namun, upaya tersebut masih memerlukan peningkatan dari sisi inklusivitas dan kesinambungan agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya peran pendidikan formal dalam menyiapkan generasi muda yang siap bersaing di era Industri 4.0. Kurikulum di lembaga pendidikan, baik formal maupun nonformal, perlu diperbarui dan disesuaikan dengan tuntutan pasar kerja di masa depan. Pendidikan yang mengintegrasikan teknologi digital, pemrograman, analisis data, dan inovasi menjadi kunci dalam mencetak SDM yang mampu bersaing di tingkat global. Di samping itu, kolaborasi antara sektor pendidikan, pemerintah, dan industri menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa keterampilan yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang terus berkembang.

Lebih lanjut, penelitian ini mengidentifikasi bahwa pengembangan SDM di Surakarta tidak hanya memerlukan investasi dalam bidang teknologi, tetapi juga dalam aspek budaya kerja. Budaya kerja yang inovatif, kolaboratif, dan berfokus pada peningkatan produktivitas perlu ditanamkan sejak dini. Peran pemerintah sebagai fasilitator dalam menciptakan ekosistem yang mendukung pengembangan SDM yang berbasis teknologi menjadi krusial.

Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa Kota Surakarta memiliki potensi besar untuk mengembangkan SDM yang kompetitif di era Industri 4.0, tetapi masih diperlukan upaya kolaboratif antara pemerintah, sektor pendidikan, dan industri untuk mengatasi berbagai tantangan yang ada. Peningkatan literasi digital, pembaruan kurikulum, dan pengembangan program pelatihan berbasis teknologi menjadi langkah-langkah penting yang harus diambil untuk memastikan kesiapan SDM Surakarta dalam menghadapi era Industri 4.0. Dengan strategi yang tepat dan komprehensif, Kota Surakarta dapat menjadi salah satu pusat pengembangan SDM unggul yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional di era digital ini.

References

Ahmad, F. (2023). Human Resource Development in the Digital Era: Strategies for Future Success. Jakarta: Penerbit Gramedia.

Anderson, R. (2023). The Future of Work in a Digital World: Adapting Human Resources for Industry 4.0. Journal of Human Capital Management, 15(2), 89-103.

Argyris, C., & Schön, D. (2021). Organizational Learning: A Theory of Action Perspective. New York: Addison-Wesley.

Arnaldi, S., Lavazza, A., & Pellegrino, G. (2021). STEM education and its role in digital innovation: Global insights and strategies for success. Journal of Science Education and Technology, 30(2), 133-148.

Baker, J., & Daniels, T. (2021). Soft Skills vs. Hard Skills: Balancing Workforce Competencies in the Age of Automation. Journal of Technological Development, 10(1), 45-58.

Berman, S., et al. (2022). Building a Workforce for the Future: Education and Training for Industry 4.0. Industrial Transformation Journal, 19(4), 205-218.

Becker, G. (2021). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis, with Special Reference to Education. University of Chicago Press.

Billett, S. (2021). Learning through work and throughout working lives: Relational interdependencies and resilience. Vocations and Learning, 14(2), 153-171.

Brougham, D., & Haar, J. (2021). Artificial intelligence: Employee attitudes and their impact on job satisfaction and engagement. AI & Society, 36(1), 45-60.

Brown, K. (2022). Surviving the Automation Era: Workforce Adaptation in Emerging Economies. Economics of Transition, 11(3), 33-48.

Brown, R., et al. (2021). Workforce Development Strategies for Industry 4.0. Journal of Human Resource Development, 12(3), 45-67.

Brynjolfsson, E., & McAfee, A. (2020). The second machine age: Work, progress, and prosperity in a time of brilliant technologies. W.W. Norton & Company.

Brussevich, M., Dabla-Norris, E., & Khalid, S. (2020). Is technology widening the gender gap? Automation and the future of female employment. IMF Working Papers, 20(1), 1-40.

Carter, P., & Dawson, J. (2021). Leading Change in Digital Transformation: Lessons for Government and Industry. Public Administration Review, 16(2), 78-92.

Castells, M. (2021). The Rise of the Network Society: The Information Age. Blackwell Publishing.

Cech, E. A., Rubineau, B., Silbey, S. S., & Seron, C. (2020). Career satisfaction among women in STEM fields. Journal of Applied Social Science, 14(2), 47-64.

Creswell, J. W. (2020). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Davenport, T. H., & Ronanki, R. (2020). Artificial intelligence for the real world. Harvard Business Review, 96(1), 108-116.

Dewi, A. (2023). Transformasi Digital dan Pengembangan SDM di Era Industri 4.0. Jurnal Teknologi dan Sumber Daya Manusia, 12(2), 101-115.

Dewi, A. (2023). Kesiapan Pendidikan Vokasional di Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Teknologi, 15(2), 44-60.

Dewi, A. (2023). Penggunaan AI dalam Pengembangan SDM di Surakarta. Jurnal Teknologi dan SDM, 14(3), 79-94.

Dewi, A. (2023). Peran Teknologi dalam Peningkatan Keterampilan Kerja di Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Teknologi, 10(1), 45-62.

Dewi, L. (2023). "The Role of Human Capital in Industry 4.0: A Case Study of Indonesia." Journal of Human Resource Development, 8(2), 112-128.

Fajri, R. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori dan Aplikasi di Era Digital. Yogyakarta: Deepublish.

Fajri, M. (2022). Inovasi Teknologi dan SDM di Sektor Industri. Jurnal Manajemen dan Teknologi, 9(1), 45-60.

Fajri, M. (2022). Gig Economy dan Tantangan SDM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Digital, 8(3), 122-138.

Fajri, M. (2022). Inovasi Teknologi di Sektor Kewirausahaan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Kreatif, 10(2), 88-102.

Friedman, M. (2021). Legal Frameworks for the Digital Workforce: Protection and Regulation in the Age of Automation. Journal of Labor Law, 19(1), 33-49.

Gibson, T., & Smith, H. (2022). Bridging the Digital Skills Gap: Strategies for Workforce Development. Journal of Education and Training, 14(2), 55-74.

Gonzalez, M. (2022). Human Resources and Industry 4.0: A Global Perspective. Economic Development Journal, 23(1), 21-36.

Gonzalez, M. (2021). Rethinking Education for the Fourth Industrial Revolution. Education and Technology Review, 23(2), 112-125.

Harris, S. (2021). Digital Employment and the Future of Work: Legal and Policy Implications. Law and Society Review, 30(4), 101-123.

Hartono, A. (2023). "Transformasi SDM di Kota Surakarta Menghadapi Tantangan Industri 4.0." Jurnal Pengembangan Sumber Daya Manusia, 9(1), 55-68.

Hartono, R. (2023). Kolaborasi Pendidikan dan Industri di Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Vokasional, 8(3), 75-89.

Hartono, R. (2023). Kolaborasi Teknologi dan Industri dalam Pengembangan SDM. Jurnal Teknologi dan Manajemen, 11(2), 103-118.

Hartono, R. (2023). Peningkatan Kapasitas SDM di Sektor Publik melalui Transformasi Digital. Jurnal Manajemen Publik, 14(2), 90-107.

Hartono, R. (2023). Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja di Surakarta melalui Inovasi Pendidikan. Jurnal Teknologi dan SDM, 12(1), 92-108.

Heikkilä, P., & Jokinen, K. (2021). The gender divide in the future of work: Automation, digitization, and the gig economy. Gender, Work & Organization, 28(3), 102-118.

Hoffman, L., & Lee, K. (2023). Technological Literacy and the Future of Work: Preparing the Next Generation. Journal of Vocational Education, 16(1), 59-71.

Huang, R., Khurana, M., & Su, J. (2022). Lifelong learning in the age of disruption: The future of work and the role of adult education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(2), 1-12.

Ismail, N. (2021). Peraturan Perundangan Terkait Pekerja di Era Digitalisasi. Jurnal Hukum dan Ketenagakerjaan, 9(3), 100-115.

Ismail, N. (2021). Perlindungan Pekerja dalam Gig Economy. Jurnal Hukum Ketenagakerjaan, 8(4), 121-135.

Ismail, N. (2021). Regulasi Ketenagakerjaan di Era Digital. Jurnal Hukum dan Kebijakan Publik, 7(4), 123-137.

Ismail, Z. (2021). "Technology Adoption and Human Resource Development: A Framework for Industry 4.0." International Journal of Human Resources, 11(3), 44-60.

Jackson, R., & Warner, D. (2022). The Future of Work in Southeast Asia: Preparing for Industry 4.0. Asian Development Journal, 18(2), 77-92.

Johnson, P. (2021). Vocational Education in the Age of Digitalization. Journal of Technology and Education, 12(3), 22-34.

Jones, A. (2021). Workforce Challenges in the Age of AI: A Regional Perspective. Journal of Global Labor Market, 8(2), 93-110.

Kusuma, A. (2021). Digital Transformation in Human Resource Management. Surabaya: Pustaka Ilmu.

Kusuma, D. (2021). Pendidikan Vokasional dan Tantangan SDM di Surakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi, 10(2), 56-70.

Kusuma, D. (2021). Peran Pendidikan Teknologi dalam Peningkatan Daya Saing Tenaga Kerja. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(2), 47-63.

Lee, M., et al. (2023). Building Resilient Workforces for the Digital Age: A Case Study of Developing Economies

Leicht, C., de la Rosa, L. D., & Wehner, J. (2021). Digital skills for women in STEM: Enhancing participation in the digital economy. Digital Education Review, 39(1), 120-139.

Liu, P., et al. (2021). Public-Private Partnerships in Vocational Training: A Model for Workforce Development in Emerging Markets. Economic Policy Review, 7(2), 144-160.

Miller, S., et al. (2022). Bridging the Skills Gap: Strategies for Effective Vocational Training in a Digital Economy. Vocational Studies Journal, 12(3), 76-89.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mougayar, W. (2020). The business blockchain: Promise, practice, and application of the next internet technology. Wiley.

OECD. (2020). Lifelong learning in the digital age: Policy considerations for learning in adulthood. OECD Education Working Papers, 229, 1-32.

Perez, L., & Chang, D. (2022). Governing Workforce Development in the Digital Age: Case Studies from Southeast Asia. Governance and Innovation Journal, 14(1), 65-78.

Putri, F. (2023). Peluang Kewirausahaan di Era Industri 4.0. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(3), 89-105.

Putri, F. (2023). Pendidikan dan Inovasi di Kota Surakarta: Perspektif Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(4), 98-112.

Putri, F. (2023). Resistensi Terhadap Teknologi di Sektor Publik dan Solusinya. Jurnal Transformasi Publik, 10(2), 67-81.

Putri, F. (2023). Pentingnya Kolaborasi antara Pendidikan dan Industri di Era Digital. Jurnal Inovasi dan Teknologi, 13(3), 87-103.

Putri, N. (2023). "Strategi Pengembangan Kompetensi SDM di Era Digital: Studi Kasus pada Perusahaan Teknologi di Surakarta." Jurnal Teknologi dan Manajemen, 10(2), 95-110.

Rahman, A. (2020). Revolusi Industri 4.0 dan Implikasinya terhadap Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Ekonomi Digital, 6(1), 45-59.

Rahman, A. (2020). Dampak Otomatisasi Terhadap Ketenagakerjaan di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan, 10(1), 34-49.

Rahman, A. (2020). Tantangan Pendidikan Teknologi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Digital, 11(1), 78-94.

Rahman, M. (2020). "Human Resource Management in the Digital Age: A Review of Challenges and Opportunities." International Journal of HR Studies, 7(4), 89-105.

Sari, E. (2022). Keterampilan Digital di Era Industri 4.0. Jurnal Teknologi dan Inovasi, 13(1), 78-92.

Sari, E. (2022). Strategi Pengembangan Keterampilan Digital di Sektor Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(1), 58-72.

Sari, E. (2022). Perlindungan Data Pribadi di Era Digital: Tantangan Hukum dan Teknologi. Jurnal Hukum dan Teknologi, 9(3), 89-105.

Sari, W. (2022). "Strategi Pengembangan SDM Berbasis Teknologi di Indonesia." Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pelatihan, 6(3), 132-145.

Schwab, K. (2020). The Fourth Industrial Revolution: What It Means and How to Respond. World Economic Forum Publications.

Shauman, K. A., & Xie, Y. (2021). Women in science: Career processes and outcomes. Harvard University Press.

Smith, J., & Betts, A. (2021). Motivating adults for lifelong learning: Opportunities and barriers. Adult Learning, 32(3), 135-148.

Smith, J. (2021). The Digital Transformation of Labor Markets: Challenges and Opportunities in Developing Cities. Labor Economics Review, 13(2), 42-56.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tapscott, D., & Tapscott, A. (2021). Blockchain revolution: How the technology behind bitcoin and other cryptocurrencies is changing the world. Penguin Random House.

Taylor, A. (2023). The Role of Government in Shaping Future Workforces: A Critical Review. Public Policy and Labor, 9(1), 11-26.

Utami, D. (2021). "Peluang dan Tantangan SDM di Kota Surakarta dalam Era Industri 4.0." Jurnal Ekonomi dan Manajemen Kota, 5(2), 77-91.

Wang, Y., Sing, J., & Gilani, N. (2021). Blockchain technology: Transforming human resources and workforce management. Journal of Innovation Management, 9(2), 92-110.

Whittaker, M., Crawford, K., & Dobbe, R. (2021). AI now: The implications of artificial intelligence on work and labor relations. AI & Society, 36(2), 85-98.

Wijaya, K. (2022). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pengembangan SDM di Indonesia. Malang: UB Press.

Wilson, D. (2022). Automation and Employment: The Future of Jobs in Developing Economies. Global Economics Journal, 20(3), 98-115.

Xie, Y., Fang, C., & Shauman, K. (2020). STEM education and the global economy: Strategies to enhance workforce capabilities. Journal of Global Education, 18(1), 34-52.

Yusuf, A. (2021). "Human Resource Competencies in the Era of Digital Transformation." Journal of Management and Technology, 12(1), 55-71.

Yusuf, R. (2021). Peran Pemerintah dalam Pengembangan SDM Berbasis Teknologi. Jurnal Administrasi Publik, 14(2), 90-104.

Yusuf, R. (2021). Penerapan Teknologi di Dunia Kerja dan Pengembangan SDM. Jurnal Ekonomi dan Ketenagakerjaan, 12(2), 65-79.

Yusuf, R. (2021). Pentingnya Pendidikan Berbasis Teknologi di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Teknologi, 13(1), 45-60.

Yusuf, R. (2021). Teknologi dan Pengembangan SDM di Era Industri 4.0: Studi Kasus Surakarta. Jurnal Teknologi dan Inovasi, 9(2), 34-50.

Zayapragassarazan, Z. (2020). Inspiring students in STEM education: Strategies for educators. Journal of Educational Strategies, 15(3), 45-62.

Zheng, Z., Xie, S., Dai, H., Chen, X., & Wang, H. (2020). Blockchain challenges and opportunities: A survey. International Journal of Web and Grid Services, 16(3), 103-125.

Published

2024-11-28

How to Cite

Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kota Surakarta dalam Era Industri 4.0. (2024). Jurnal Bengawan Solo Pusat Kajian Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kota Surakarta, 3(2), 31-54. https://doi.org/10.58684/jbs.v3i2.80